PERAN TNI DALAM PENANGGULANGAN BENCANA BANJIR DI KAB TANAH LAUT

Pelaihari – Komandan Kodim 1009/Pelaihari Letkol Inf Adi Yoga Susetyo, SH., M.A menjadi narasumber dalam program acara dialog interaktif “Tanah Laut Menyapa”, bertempat Studio LPPL Radio Tuntung Pandang FM Jl. A. Syairani Kel. Ansau Kec. Pelaihari Kab. Tanah Laut, Rabu (17/02/21).

Kegiatan ini adalah program rutin radio Pemda “Tuntung Pandang FM” yg menghadirkan instansi vertikal sebagai narasumber. Dalam rangka menambah wawasan masyarakat dan sebagai upaya menyebarluaskan informasi tentang kejadian, pembangunan dan kemajuan di Tanah Laut.

“Dalam dialog Dandim menyampaikan tentang UU TNI No 34  th 2004 dimana salah satu tugas TNI adalah melaksanakan Operasi Militer Selain Perang yaitu  membantu tugas Pemda  dan membantu penanggulangan akibat bencana, pengungsian dan pemberian bantuan kemanusiaan.

Dalam kejadian bencana alam banjir dan tanah longsor di Tanah Laut beberapa hal yg sudah dilakukan oleh Kodim adalah, bantuan pemasangan jembatan Baeilly dari Kasad, evakuasi korban banjir dan tanah longsor, bantuan tenaga kesehatan (dokter dan Nakes) dari Diskesad, menyalurkan bantuan logistik dari Kasad dan Pangdam VI/Mlw, bantuanm pakaian bekas layak pakai, menugaskan anggota di dapur umum, bantuan personel dan perahu karet dari Ditbekangad dan pembuatan Posko bencana alam bersama BPBD Tala.

Pesan Dandim kepada warga Tanah Laut, tetap semangat jaga keamanan barang-baramg pribadi paska banjir, tetap jaga kesehatan dan patuhi Protkes karena Pandemi Covid 19 belum berakhir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *